Fakultas Ekonomi sudah mewujudkan praktik good governance dalam tata pamong dan tata kelola yang mencakup 5 (lima) pilar yaitu kredibilitas, transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, dan berkeadilan.
Kredibilitas, Pemilihan di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Balitar dilakukan berdasarkan syarat-syarat yang telah ditetapkan melalui uji kepatutan dan kelayakan oleh Rektor UNISBA. Tahap persiapan dan pelaksanaan pemilihan dekan tercantum dalam Statuta Universitas Islam Balitar serta Peraturan Rektor Universitas Islam Balitar tentang Pengisian jabatan Dekan Fakultas di Lingkungan Universitas Islam Balitar. Hal ini dilakukan agar fakultas bisa menghasilkan pemimpin yang mampu mengemban tugas dan bertanggung jawab Untuk menghasilkan pemimpin yang kredibel (dapat dipercaya), fakultas menetapkan sejumlah persyaratan sebagaimana ditetapkan dalam statuta. Langkah-langkah untuk menghasilkan pimpinan yang kredibel adalah melalui penjaringan calon, verifikasi calon, penilaian kelayakan uji kepatutan calon, dan penetapan calon terpilih oleh Rektor dan penandatanganan Pakta Integritas. Tata pamong yang kredibel dikembangkan fakultas dengan mengacu pada ketentuan penyelenggaraan pendidikan akademik sebagaimana termuat dalam peraturan dan standar yang telah ditetapkan. Sistem tata pamong dan tata kelola yang kredibel di Prodi Manajemen ditunjukkan dengan penyusunan dan tinjauan kurikulum yang melibatkan seluruh unsur termasuk stakeholder dan pakar yang memberikan masukan dan saran apa yang dibutuhkan oleh dunia kerja saat ini dan yang akan datang, sehingga, kurikulum Prodi Manajemen sesuai dengan SNPT, KKNI dan kebutuhan pengguna lulusan. Selain itu, setiap akhir semester Ketua Prodi Manajemen selalu melakukan diskusi dan evaluasi dengan para dosen untuk membahas perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan di bidang teknik komputer.
Transparansi, Sistem tata pamong yang transparan di fakultas diwujudkan melalui penyediaan akses dan informasi yang seluas-luasnya kepada sivitas akademika dan seluruh pemangku kepentingan lainnya (stakeholders) mengenai penyelenggaraan dan pengelolaan Fakultas Ekonomi terutama di bidang akademik. Hal itu antara lain diwujudkan dengan tersedianya media komunikasi offline maupun online sebagai berikut : (i) Adanya buku Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan di Universitas Islam Balitar (ii) Rapat kerja tahunan oleh fakultas dan program studi yang terselenggara secara terpadu, sehingga seluruh pimpinan, karyawan dan dosen mengetahui dan memahami dengan jelas tentang semua peraturan, mekanisme kerja, DPA, rencana kerja dan target pencapaian kinerja.(iii) Memiliki situs universitas dan fakultas yang terbuka dan dapat diakses, baik oleh dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan, maupun masyarakat secara luas. Situs universitas dapat diakses pada www.unisbablitar.ac.id Adapun kebijakan anggaran ditetapkan melalui mekanisme penyusunan anggaran yang diajukan oleh prodi ke fakultas yang kemudian diusulkan ke universitas sebagai rancangan RAPB fakultas. RAPB Fakultas diserahkan kepada Rektor untuk disahkan dan dikembalikan lagi kepada Fakultas dalam bentuk Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Universitas yang telah diverifikasi dan disahkan yayasan sesuai dengan mekanisme yang tertera pada Statuta Universitas Islam Balitar, setelah itu DPA Universitas tersebut dijadikan pedoman dalam Rencana Kerja dan Anggaran Fakultas Ekonomi sebagai pelaksana kegiatan program studi. Sistem keterbukaan (transparansi) dalam tata pamong dan tata kelola dilakukan dengan baik oleh Fakultas Ekonomi. Setiap kegiatan yang dilaksanakan Fakultas Ekonomi diinformasikan melalui media, baik melalui media cetak pada papan informasi maupun media sosial dan website. Evaluasi kinerja dosen diinformasikan dan didiskusikan melalui rapat evaluasi tiap akhir semester. Evaluasi akademik mahasiswa diinformasikan melalui sistem SEVIMA sehingga mahasiswa dapat mengetahui hasil akademik pendidikan secara online dan serta secara online pada PDPT DIKTI.
Akuntabilitas, Akuntabilitas di Fakultas Ekonomi tergambar pada pelaksanaan anggaran. Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) yang sudah ditetapkan selanjutnya dilaksanakan dalam pelaksanaan penggunaan anggaran di mulai dari permohonan kebutuhan anggaran setiap bulan kepada Rektor untuk selanjutnya digunakan sesuai dengan peruntukannya. Anggaran yang sudah dikeluarkan dibuktikan dengan bukti yang akurat (akuntabilitas) yang kemudian pada bulan berikutnya dilakukan pertanggungjawaban penggunaan anggaran yang dilaporkan kepada Rektor. Laporan penggunaan keuangan juga diaudit setiap tahun oleh pihak auditor independen.
Bertanggung jawab, Dekan dan Ketua program studi bertanggung jawab dalam menjalankan visi, misi dan tujuan, memimpin seluruh pelaksanaan pendidikan akademik, mengelola organisasi dan bertanggung jawab terhadap pengembangan program. Setiap akhir semester ketua prodi bertanggung jawab melaporkan kegiatan akademik ke Rektor dan melaporkan kegiatan akademik ke DIKTI melalui EPSBED.
Berkeadilan, Dekan Fakultas Ekonomi mendelegasikan tugas dan tanggung jawab pada setiap bagian dengan adil dan bijaksana sesuai dengan SOTK yang diatur dalam Statuta Universitas islam Balitar. Dalam pelaksanaan dan pengelolaan tata pamong Dekan Fakultas Ekonomi akan mengacu pada hak, kewajiban, dan larangan bagi tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan maupun mahasiswa telah diatur melalui Peraturan Yayasan Bina Citra Anak Bangsa Tentang Statuta Universitas Islam Balitar dan Peraturan Yayasan Bina Citra Anak Bangsa tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Universitas Susunan Organisasi dan Tata Kerja Universitas Islam Balitar. Agar dapat memperoleh keputusan yang dapat dipertanggung jawabkan dan adil bagi semua pihak, maka proses pengambilan keputusan di program studi dilakukan dengan rapat program studi. Kinerja pimpinan, karyawan dan dosen diukur berdasarkan tingkat kinerja yang objektif yang tertuang dalam Statuta Universitas Islam Balitar, sehingga setiap promosi, kenaikan gaji dan penghargaan yang lain selalu dilakukan dengan adil disamping itu terdapat peraturan Akademik yang baku yang menjadi pedoman tertulis yang mengatur setiap bentuk pelanggaran dan sanksi sebagai akibatnya.
Kepemimpinan dan Kemampuan Manajerial
Komitmen pimpinan fakultas untuk mendukung semua program sangat tinggi. Sistem reward and punishment kurang memadai untuk mengakomodasi proses kepemimpinan , sehingga penerapan dan pelaksanaan di lapangan akan sulit. Program Studi S1-Manajemen Universitas Islam Balitar Blitar telah membuat perencanaan dan pengembangan program yang jelas dan terstruktur tiap tahunnya. Berkenaan dengan hal perencanaan dan pengembangan, Program Studi S1-Manajemen melakukan kerja sama penyusun rencana dan pengembang program (konsultansi) .
Fakultas Ekonomi mengimplementasikan fungsi manajemen di lingkungan Fakultas Ekonomi yang meliputi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penempatan personil (staffing), pengarahan (leading), dan pengawasan (controlling).
Perencanaan yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi mengacu pada visi, misi, tujuan, dan sasaran Fakultas serta prodi yang penjabaran dalam Renstra Fakultas Ekonomi dan Prodi. Perencanaan yang dilakukan mencakup program kerja pada bidang-bidang, berikut : (1) pendidikan dan pengajaran (2) Penelitian; (3) pengabdian kepada masyarakat (4) kemahasiswaan dan hubungan alumni (5) sumber daya manusia (6) keuangan, sarana, dan prasarana; (7) organisasi dan manajemen (8) teknologi informasi (9) komunikasi, kerjasama, dan hubungan masyarakat.
Pengorganisasian Pimpinan Fakultas mengorganisasikan Tridharma Perguruan Tinggi pada program studi. Ketua program studi mengatur dosen untuk menjadi pengajar tiap mata kuliah, bimbingan Kerja Praktek, Pembimbingan Skripsi, pembahasan usulan penelitian mahasiswa, penguji ujian akhir skripsi, dan mengkoordinir pelaksanaan UTS dan UAS. Ketua program studi bersama dengan Gugus Kendali Mutu (GKM) merencanakan, mengkoordinasikan, dan mengawasi pelaksanaan perkuliahan sesuai rumpun mata kuliah dengan berpedoman pada Silabus atau Rencana Pembelajaran Semester (RPS), dan kontrak perkuliahan yang sudah ditetapkan. Pengkoordinasian juga dilakukan dalam penyusunan kurikulum yang dilengkapi dengan Silabus, RPS, dan Kontrak Perkuliahan.
Penempatan personal, Fakultas Ekonomi dalam merencanakan staffing tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dilakukan dengan melihat keahlian dan keterampilan yang dimiliki. Pengelolaan tenaga kependidikan dilakukan dengan meningkatkan kemampuan dan keahlian melalui pelatihan dan workshop yang berkaitan dengan keadministrasian dan teknologi guna untuk menunjang pelayanan proses pembelajaran dan pengembangan Fakultas Ekonomi.
Pengarahan, Fungsi pengarahan (leading) dilakukan oleh pimpinan fakultas untuk memberikan arahan, motivasi, dan melakukan komunikasi kepada program studi dan unit pelaksana fakultas untuk mencapai visi, misi, tujuan dan sasaran Fakultas Ekonomi. Pengarahan dan pemberian motivasi dilakukan pimpinan melalui rapat baik di tingkat fakultas maupun program studi agar program kerja dapat berjalan baik. Pimpinan Fakultas Ekonomi selalu menjalin komunikasi dengan unsur-unsur yang ada di fakultas, dari adanya komunikasi yang baik pimpinan fakultas dapat mengetahui hambatan-hambatan yang ada dalam pelaksanaan program kerja serta solusi untuk menyelesaikan hambatan tersebut. Pimpinan Fakultas Ekonomi berhak memberikan peringatan kepada tenaga akademik dan tenaga kependidikan yang kinerjanya kurang optimal agar dapat meningkatkan kinerjanya.
Pengawasan, Sistem pengawasan mutu akademik Fakultas Ekonomi dilaksanakan melalui audit internal yang dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Kendali Mutu (KM) dan Unit Kendali Mutu (UKM). Pengawasan tenaga akademik dan keuangan dilakukan oleh Dekan melalui laporan kinerja pada Beban Kerja Dosen (BKD) masing-masing dosen meliputi laporan Tri Dharma perguruan tinggi. Pengendalian tenaga kependidikan dilakukan oleh Dekan melalui absensi. Hasil dari audit internal mutu akademik, kinerja dosen dan tenaga kependidikan dibahas dalam rapat setiap akhir semester dan merupakan bahan evaluasi untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan. Pengawasan keuangan dilaksanakan melalui laporan penggunaan dana (laporan keuangan) dan audit keuangan oleh auditor independen. Pengawasan eksternal dilakukan oleh DIKTI melalui PD Dikti dan EPSBED serta Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN- PT).
Kepemimpinan yang Efektif pada Program Studi S1 Manajemen
Pola kepemimpinan di program studi Manajemen adalah sebagai berikut:
Kepemimpinan operasional Pimpinan fakultas memiliki kepemimpinan operasional yang efektif ditunjukkan dengan kemampuan merumuskan strategi dan operasi melalui Rencana Strategis, Rencana Operasional dan Rencana Kegiatan dan Anggaran, serta evaluasi pelaksanaan kegiatan dan anggaran setiap periode. Ketua Prodi adalah pimpinan tertinggi di program studi. Ketua prodi bekerjasama dengan dosen membuat program kerja guna mewujudkan visi, misi, tujuan, sasaran prodi dan merancang strategi pencapaiannya. Ketua Prodi melakukan pengarahan dan pendelegasian tugas dan wewenang kepada dosen dan staf untuk melaksanakan program kerja serta akan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap wewenang dan tugas yang telah diberikan. Monitoring dan evaluasi dari setiap kegiatan program kerja yang telah dilaksanakan akan dibahas pada rapat evaluasi tiap akhir semester. Ketua prodi bertanggung jawab atas hasil pelaksanaan program kerja di tingkat program studi.
Kepemimpinan organisasi Pimpinan fakultas dan program studi memiliki kepemimpinan organisasional yang efektif yang ditunjukkan dengan kemampuan mengatur dan membagi proporsi kewenangan tingkat fakultas kepada wakil dekan, tata usaha, program studi, maupun unsur penunjang di lingkungan Fakultas Ekonomi dengan berlandaskan ketentuan berupa Statuta, Pedoman Akademik, dan Pedoman Kepegawaian yang diikuti ketetapan operasional berupa Keputusan-Keputusan Dekan yang terkait. Dalam mencapai visi, misi, tujuan dan sasaran Ketua Prodi bekerjasama dengan unit-unit organisasi internal di lingkungan UNISBA seperti LPPM, Laboratorium Komputer, Pusat Bahasa, Perpustakaan, UKM, Biro/UPT dan program studi lainnya. Selain itu, Ketua Prodi bekerjasama dengan pihak eksternal seperti pemerintah, lembaga, swasta, LSM, dll.
Kepemimpinan publik Kepemimpinan publik pada Fakultas Ekonomi ditunjukkan dengan peran aktif ketua program studi dan dosen di berbagai kegiatan eksternal perguruan tinggi. Menjalin kerjasama dengan masyarakat maupun stakeholder lainnya, beberapa contoh seperti menjadi tutor pelatihan kewirausahaan oleh salah satu wilayah penduduk, maupun menjadi narasumber dalam kegiatan penyuluhan pada masyarakat, dan melakukan pelatihan bisnis online dll. Selain itu dosen Prodi Manajemen aktif dalam beberapa organisasi profesi seperti aktif dalam organisasi desa lainnya.
Dokumen formal sistem tata pamong terdokumentasi dengan sangat baik dan lengkap pada program studi Manajemen.
Kemampuan Mengantisipasi dan Menyelesaikan Masalah
Ketua Program Studi S-1 Manajemen telah mampu melakukan problem solving dengan baik terutama saat dalam kondisi darurat dan tidak terduga. Aktualisasi penyelesaian masalah saat kondisi tidak terduga misalnya saat melaksanakan pembelajaran di waktu Covid-19. Contohnya: melakukan pembelajaran daring dengan menggunakan platform berbasis online untuk memudahkan mahasiswa agar tetap belajar dengan aman. Selain itu, program PKL atau magang diadakan dengan sistem campur 2 minggu online dan 2 minggu offline dengan organisasi bisnis agar pembelajaran tetap berjalan dengan maksimal.
Inovasi Untuk Menghasilkan Nilai Tambah
Inovasi yang dilakukan oleh pimpinan S1 Prodi Manajemen adalah melakukan gebrakan dengan pendirian inkubator bisnis sebagai wadah mahasiswa atau masyarakat untuk mengembangkan bisnis. Selain itu, juga membantu mahasiswa manajemen untuk melakukan publikasi dan pengabdian. Terlebih lagi, Kaprodi juga membentuk komunitas mahasiswa bisnis untuk mempererat silaturahmi dan sharing keilmuan bisnis.